05 Desember 2009

Lini Belakang Tidak Disiplin, PSIS Takluk ...

Snexcyber : Ambisi PSIS (Semarang) mencuri poin di laga away perdana terpaksa kandas. Suwita Patha dkk harus mengakui tuan rumah Pro Duta (Sleman) 0-2 pada lanjutan pertandingan Divisi Utama di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jumat (4/12). Turun tanpa bomber andalannya Cristiano Lopes karena cedera hamstring, sedikit berpengaruh untuk ketajaman lini depan armada Mahesa Jenar.

Kondisi tersebut dimanfaatkan betul oleh tim tuan rumah. Apalagi sejak kick off, Pro Duta tampil menekan pertahanan PSIS yang digalang oleh trio Andersen Leke, Eko Pujianto, dan Heri Susilo. Alhasil pada menit enam, Pro Duta berhasil menciptakan gol pertama yang dicetak oleh Zulham. Tendangan Zulham di pojok kanan gawang tidak dapat diantisipasi oleh kiper PSIS Catur Nugroho.

Tertinggal satu gol membuat PSIS mulai tertekan. Pertahanan anak-anak asuh Ahmad Muhariah pun harus bekerja keras. Strategi counter attack yang diharapkan dapat menekan Pro Duta pun hanya terlihat beberapa kali dilakukan. Hingga babak pertama usai skor tidak berubah untuk keunggulan Pro Duta.


Masuk babak kedua, Pro Duta masih terus berusaha menambah gol. Namun PSIS tidak tinggal diam. Anak-anak Semarag mencoba untuk melakukan serangan ke daerah Pro Duta.

Beberapa peluang sempat diciptakan oleh lini depan PSIS. Hanya saja dewi fortuna masih belum berpihak kepada skuad kebanggaan masyarakat Semarang ini.

Seperti pada menit 50, tendangan bebas Gustavo Chena gagal dimanfaatkan Deni Rumba yang tepat berdiri di depan gawang Wahyudi. Tendangan Deni Rumba dapat diantisipasi oleh kiper cadangan Pro Duta tersebut.

Sari celah
PSIS sendiri terus mencoba mencari celah pertahanan tuan rumah. Pada pertengahan babak kedua, striker lokal Sampelo masuk menggantikan Iwan HW. Hanya saja pergantian ini tidak memberikan perubahan yang signifikan pada alur serangan PSIS.

Sebaliknya, Pro Duta berhasil menambah keunggulan gol melalui kaki Francis Wawengkang pada menit 69. Tendangan mantan pemain Persija ini memanfaatkan blunder lini belakang PSIS. Hingga usai babak kedua skor pun tetap untuk keunggulan Pro Duta 2-0.

Usai laga asisten pelatih PSIS M Dhofir mengatakan kekalahan ini karena lini belakang yang kurang konsentrasi dan berakibat fatal pada pertahanan PSIS.

Dia melihat, pemain lini belakang masih terlalu lama bermain di kotak penalti dan sering melakukan blunder. ’’Lini belakang kurang disiplin dan akibatnya terjadi dua gol. Ini murni kesalahan lini belakang. Semangat juang para pemain juga menurun pada pertandingan kali ini,’’kata Dhofir.

Dia juga menambahkan para pemainnya sering kedodoran dalam mengatasi permainan menyerang tuan rumah. Alhasil blunder juga sering terlihat pada Suwita Patha cs.

’’Saya sudah memperkirakan Pro Duta bakal bermain menyerang. Maka dari itu saya instruksikan anak-anak lebih berhati-hati. Tapi justru anak-anak membuat kesalahan sendiri,’’pungkas mantan pelatih PS POP ini. (wawasan)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP