14 Desember 2009

Analisa Ari Wibowo

REKAM JEJAK PEMAIN PSIS

Berikut adalah rekam jejak pemain PSIS Semarang sampai dengan pertandingan ke 5, yaitu akumulasi dari 2 partai away dan 3 partai home, dengan analisa pendekatan hanya melihat aksi pemain yang diturunkan ke lapangan.

Ada 18 pemain yang pernah dimainkan oleh pelatih. Dengan demikian jika di musim ini PSIS memiliki 24 pemain yang didaftarkan, berarti ada 6 pemain yang belum pernah dimainkan sama sekali di lapangan, yaitu; BASUKI SETIABUDI, M HARIS, GESANG ADI SAPUTRO (ketiganya kiper), TAUFIK SALAFUDIN, VAVA ARDILA, AWANG TUHERDIAS. Jumlah 24 pemain tersebut adalah setelah Restu Kartiko dan Sapto Widiantoro dicoret, dan Ricky Kristendi diijinkan kembali ke Persis Solo.


PSIS sudah mencetak 5 gol di kandang dan 1 gol saat tandang. Dimana dari total 6 gol tersebut, 5 gol dicetak melalui open play, yaitu 3 heading (Lopes, Iwan HW, Leke), 2 tendangan (Imral) serta 1 gol melalui titik penalti (Chena).

Ada 4 pemain yang selalu bermain penuh dalam 5 partai sebagai starter, dan disetiap pertandingan bermain full 2 x 45 menit tanpa pernah diganti, yaitu; CATUR ADI NUGROHO (kiper), HERY SUSILO (stopper), SUWITHA PATA (gelandang bertahan, kapten), dan IMRAL USMAN (striker).

CRISTIANO LOPES, IDRUS GUNAWAN, dan VALENTINO TELAUBUN adalah 3 orang pemain yang saat mereka tampil, PSIS belum pernah mengalami kekalahan. Karena saat PSIS mengalami 2x kekalahan di partai away, Lopes sedang menderita cedera dan terpaksa absen, Idrus memang tidak dibawa ke tour DIY, serta Valentino tidak dimainkan.

ISWAN BODE dan REZA DINI adalah 2 pemain yang saat mereka dimainkan, PSIS selalu menderita kekalahan, yaitu di partai away melawan Pro Duta dan Persiba Bantul.

Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat rekam jejak dari 18 pemain yang pernah dimainkan oleh PSIS Semarang, yaitu 4 partai dibawah kendali ACHMAD MUHARIAH, dan 1 partai dibawah komando caretaker M DHOFIR.

CATUR ADI NUGROHO ; Dipercaya penuh sebagai penjaga gawang utama PSIS Semarang, dimana dalam 5 laga dia selalu bermain penuh 90 menit tanpa pernah diganti, bahkan ketika gawangnya digelontor 4 gol oleh Persiba Bantul, dia tetap dipercaya berdiri dibawah mistar karena dianggap titik lemah bukan berasal pada dirinya, melainkan akibat rapuhnya lini belakang PSIS saat itu. Catur cekatan, sigap, dan refleknya bagus, meski gawangnya dalam 5 partai sudah kemasukan 8 gol (2 gol di kandang, 6 gol saat tandang). Pantas dipertahankan untuk laga laga berikutnya.

EKO PUJIANTO ; Dimainkan sebagai libero dalam 4x pertandingan. Tetapi sempat diparkir 1x saat melawan Persiba Bantul, karena saat itu pelatih AMH mempercayai Leke sebagai libero, yang berbuntut dengan kebobolan 4 gol di kandang lawan. Kemampuan Eko bisa diandalkan, meski kelemahan dia adalah tidak bisa memainkan peran sebagai leader lini belakang, karena sifat Leke yang merasa sebagai pemain asing dan lebih senior, membuat Eko tak bisa memberi perintah kepada Leke. Semoga kelemahan itu tidak mengganggu koordinasi trio lini belakang PSIS tersebut.

ANDERSON LEKE SANTOS ; Dimainkan terus dalam 5x pertandingan, meski tak selalu bermain penuh. Saat partai perdana melawan GU, Leke digantikan oleh Idrus Gunawan karena staminanya merosot. Leke dimainkan sebagai stopper dalam 4 laga, meski saat partai melawan Persidafon dia sempat ditempatkan sebagai striker menggantikan Lopes yang cedera. Dan saat Leke coba 1x dimainkan sebagai libero dalam partai melawan Persiba bantul, gawang PSIS digelontor 4 gol oleh Persiba, dimana gol perdana terjadi akibat blunder Leke di kotak penalti. Episode sukses Leke dibukukan saat pertai melawan Persikad Depok, dimana Leke mencetak 1 gol melalui heading yang menjadi gol pembuka kemenangan PSIS di partai tersebut. Leke jika sedang dalam motivasi tinggi bisa bermain bagus dan penuh determinasi. Tapi typikal Leke yang introvert, pendiam, dan penyendiri diluar lapangan (hanya mau berakrab ria dengan Lopes), membuat dia kurang bagus berkomunikasi dengan sesama pemain belakang lainnya di lapangan. Leke bisa diandalkan sebagai stopper (bukan libero) sepanjang pelatih atau management bisa memotivasi dia dengan baik.

HERY SUSILO ; Ini adalah stopper andalan PSIS yang berkarakter cepat, lugas dan tanpa kompromi. Bermain terus dalam 5 partai tanpa pernah diganti. Sudah membabat habis semua striker lawan dengan tackling tackling bersih tanpa mencederai lawan, dimana terbukti belum ada 1 kartupun yang diterima Hery dari wasit. Hery adalah pemain tak tergantikan di tim PSIS, sejak musim lalu sampai sekarang.

IDRUS GUNAWAN ; Stopper kawakan yang musim lalu menjadi kapten PSIS Semarang, tetapi musim ini baru sempat dimainkan 2x oleh pelatih, yaitu menggantikan Leke di partai melawan GU, dan menggantikan Lopes saat melawan Persidafon. Gol balasan Persidafon yang terjadi hanya beberapa menit setelah Idrus masuk, membuat suporter memvonis Idrus sebagai kambing hitam, meski kalau mau obyektif, tentulah itu kecerobohan kolektif lini belakang PSIS yang saat itu memang sedang dibombardir serangan oleh Dafonsoro. Idrus tidaklah jelek, hanya saja pelatih punya handicap jika menurunkan Idrus karena kesalahan kecil saja yang dilakukan oleh Idrus cenderung sulit dimaafkan oleh penonton, dibanding jika pemain lain melakukan kesalahan yang sama.

ISWAN BODE ; Dimainkan 2x dalam partai melawan Pro Duta dan Persiba Bantul, dan apesnya kedua laga berakhir dengan kekalahan. Saat melawan Pro Duta, Iswan menggantikan Safri di posisi wingback kanan. Iswan hanya mampu menjalankan peran bertahan, tetapi kurang optimal membantu serangan karena karakter Iswan bukan bek yang bisa overlaping. Ketika ditempatkan sebagai stopper melawan Persiba, koordinasinya bersama Leke sebagai libero tidak padu sehingga diobrak abrik oleh penyerang Bantul. Kualitas Iswan menjadi starter belum memadai. Dan kalaupun dia dimainkan, sepertinya hanya bisa menjadi stopper cadangan, berebut tempat dengan Idrus, bukan sebagai wingback menggantikan Safri.

SUWITHA PATA ; El capitano. Main terus dalam 5 partai, tanpa pernah absen dan full 90 menit tiap laga. Memainkan peran spesialisnya sebagai gelandang bertahan yang mematikan ruang gerak gelandang serang atau playmaker lawan, tetapi mampu bermain bersih tanpa pernah menerima kartu sampai partai kelima. Memberikan kontribusi besar dalam keseimbangan lini tengah PSIS, dan senioritasnya menjadi panutan tim di lapangan. Suwitha tidak tergantikan selama dia fit dan tidak menderita cedera.

SUNARSO ; Pemain ini namanya paling katrok dari seluruh pemain PSIS musim ini. Gelandang menyerang yang ditemukan pelatih AMH saat ujicoba di Yogya melawan PSIM dan mencetak gol, dimana setelah itu selalu mendapat tempat sebagai starter di lini tengah PSIS. Karakternya kuat dalam menyerang, dan berani bermanuver melakukan penetrasi. Selalu menjadi starter dalam 5 laga, tetapi tak selalu bermain penuh 2 x 45 menit. Karena saat melawan GU dan Persidafon, Sunarso ditarik keluar digantikan Iwan HW. Sunarso pantas menjadi starter dalam partai partai berikutnya yang dimainkan PSIS.

IWAN HARI WAHYUDI ; Menjadi starter 1x saat melawan Pro Duta, dan 4x menjadi supersub di partai lainnya. Menjalankan peran sebagai breaker yang memotong alur serangan lawan, tapi dalam situasi counter attack, Iwan mampu bergerak cepat masuk ke kotak penalti lawan, dimana lebih sering melebar ke sayap kanan. Saat melawan Persikad, Iwan menunjukkan aksinya melakukan solo run yang diakhiri dengan shoot on goal, yang masih bisa diselamatkan oleh kiper Persikad. Jika sampai berbuah gol, aksinya bakal mendapat decak kagum suporter Semarang. Iwan bagus memainkan peran sebagai supersub. Bahkan jika ada tuntutan menjadi starter, kapabilitas Iwan cukup memadai.

ABRAHAM TOBIAS ; Memiliki tendangan lurus yang sangat keras. Tapi kurang bagus dalam passing pendek atau one two touch, meski skill Tobias dalam melakukan long passing cukup memberikan kontribusi dalam penyerangan. Tobias hanya sempat dimainkan 2x, yaitu 1x sebagai stopper saat melawan Persiba menggantikan Iswan Bode. Dan menjadi starter dalam peran penyerang lobang dalam formasi 3-4-1-2 dibelakang duet striker saat melawan Persikad. Tapi kinerjanya kurang maksimal, meski tidak terlalu jelek. Tak ada tembakan keras dari lini kedua yang pernah dilakukannya sepanjang pertandingan, hingga kemudian dia ditarik keluar digantikan Iwan HW. Tobias bisa jadi supersub alternatif saat tim mengalami kebuntuan.

GUSTAVO CHENA ; Inilah pemain asing yang dikontrak mahal untuk menjadi jenderal lapangan tengah PSIS, terutama perannya mendistribusikan bola sebagai playmaker. Chena dimainkan penuh dalam 4 partai, serta absen 1 partai saat melawan Persikad karena dia mendapat akumulasi kartu. Saat melawan Pro Duta, Chena menjalani peran sebagai second striker dibelakang Imral. Begitu juga saat melawan Persiba, Chena di babak kedua menjadi second striker. Chena tidak bisa optimal memainkan peran di skim 3-5-1-1 tersebut. Sepertinya pelatih lupa saat dicoba jadi second striker dalam partai ujicoba lawan PSIM pun, Chena gagal menjalankan peran tersebut dengan baik. Bahkan selalu mendapat kartu kuning dalam 2 laga tersebut akibat frustasi menjadi second striker. Meski demikian, sebagai gelandang serang Chena cukup bisa diandalkan sebagaimana dibuktikan saat melawan GU dan Persidafon. Dan layak menjadi starter dalam partai yang dimainkan PSIS selanjutnya. Apalagi Chena punya kemampuan bagus menjadi eksekutor penalti serta bola bola mati.

DENNY RUMBA ; Dalam kondisi fit, Rumba adalah starter andalan PSIS di posisi wingback kiri. Bahkan Rumba sanggup bermain di posisi wingback kanan jika diperlukan. Rumba selalu menjadi starter dalam 5 laga PSIS. Meski saat melawan Persidafon dia digantikan oleh Valentino akibat cedera, dan saat melawan Persiba digantikan oleh Reza Dini di babak kedua. Rumba mendapat kartu kuning saat melawan Persiba. Rumba tetap akan menjadi starter andalan dalam formasi apapun yang akan dimainkan PSIS kedepan nati.

SAFRI UMRI ; Selalu menjadi starter dalam 5 laga yang sudah dimainkan PSIS. Tetapi saat melawan Pro Duta, Safri digantikan oleh Iswan Bode, dan digantikan oleh Abraham Tobias saat melawan Persiba Bantul. Safri memiliki kemampuan rata-rata di posisi spesialisnya sebagai wingback kanan. Mampu memberi umpan crossing hanya jika bola berhenti dan tidak sedang dimarking oleh lawan. Tapi kemampuan Safri melakukan manuver menyisir tepi lapangan, dan memberi umpan lambung sambil berlari kurang bagus. Safri pantas menjadi starter, karena kebetulan di posisi ini tidak ada pelapisnya sama sekali.

VALENTINO TELAUBUN ; Wingback kiri yang mampu berlari cepat, tapi gagap saat mengambil keputusan mengumpan bola kemana, yang tak jarang justru diumpan lagi kebelakang disaat penyerangan sedang berlangsung. Sempat dimainkan 1x menggantikan Rumba yang cedera saat melawan Persidafon. Vale memiliki kapasitas pas pasan, meski hanya sekedar menjadi pemain pengganti sekalipun. Vale adalah pentium II yang sulit diupgrade ke pentium IV, tetapi masih compatible menjadi bagian dari tim sebagai wingback kiri kalamana diperlukan.

REZA DINI ; Dimainkan 2x sebagai pengganti, yaitu menggantikan Rumba saat melawan Pro Duta, dan menggantikan Iswan Bode saat melawan Persiba Bantul. Reza diplot sebagai gelandang serang yang bermanuver menerobos pertahanan lawan dengan aksi individunya, mengandalkan kecepatan serta skill yang dia miliki. Hasilnya belum optimal, tapi Reza yang masih sangat muda ini jika terus diberi kesempatan, kedepannya nanti bisa memiliki kualitas seperti M Ridwan. Jika salah satu dari Lopes serta Imral perlu diganti, maka Reza akan bersaing dengan Sampelo menjadi alternatif.

JOHANES SAMPELO ; Belum menunjukkan kapasitas yang memadai sebagai striker andalan. Tetapi sudah dimainkan 3x, yaitu 1x sebagai starter saat melawan Persiba Bantul meski akhirnya digantikan pemain lain, serta 2x menjadi pemain pengganti. Belum mampu mencetak gol. Sampelo adalah striker alternatif disaat striker utama (Lopes dan Imral) mengalami cedera atau mengalami kebuntuan.

IMRAL USMAN ; Jika ada pemain yang selalu bermain bagus dan stabil dalam 5 pertandingan yang dilakoninya, dia adalah Imral Usman. Tidak tergantikan. Selalu menjadi starter, dan bermain penuh 90 menit. Sudah mencetak 2 gol dalam scrimage didepan gawang lawan. Rajin mengejar bola, dengan stamina nafas kuda yang tak pernah putus. Imral adalah pemain yang secara riil memberi kontribusi paling besar kepada PSIS sampai dengan 5 partai yang sudah dimainkan. Licin dan cepat sebagai striker. Bahkan aktif turun menjemput bola sampai ketengah dan mampu memainkan peran bak seorang playmaker. Sayang sekali sudah mengantongi 1 kartu kuning sia sia akibat selebrasi melepas kaos saat mencetak gol ke gawang Persidafon.

CRISTIANO LOPES ; Striker bernama besar yang memiliki heading maut dan keeping ball kelas wahid. Sudah mencetak 1 gol ke gawang GU di partai perdana. Sayang sekali menderita cedera hamstring saat melawan Persidafon, yang membuat dia absen 2x dalam tour DIY. Saat melawan Persikad, nampak Lopes terlalu memaksakan diri untuk tampil meski kondisi kaki belum fit 100%, sehingga tidak memberi teror cukup berarti ke gawang lawan. Hanya nama besarnya mampu mengintimidasi lawan agar tidak banyak maju kedepan karena waspada menjaga Lopes. Striker plontos ini diharapkan cepat pulih dan on fire menjadi andalan PSIS di lini depan.

Demikianlah rekam jejak yang dibuat oleh penulis selaku pengamat sepakbola PSIS, yang sudah menjalani 5 partai di kompetisi divisi utama musim 2009/2010 ini. Dan akhirnya, penulis berani menyimpulkan bahwa komposisi ideal buat PSIS adalah skim 3-5-2- sbb;

Kiper ; CATUR ADI NUGROHO // Libero ; EKO PUJIANTO // Stopper ; ANDERSON LEKE SANTOS dan HERY SUSILO // Gelandang ; GUSTAVO CHENA, SUWITHA PATA, SUNARSO // Wingback; DENNY RUMBA (kiri) dan SAFRI UMRI (kanan) // Striker ; IMRAL USMAN dan CRISTIANO LOPES.

Cadangan; BASUKI SETIABUDI, IDRUS GUNAWAN / ISWAN BODE, VALENTINO TELAUBUN, IWAN HARI WAHYUDI, ABRAHAM TOBIAS, JOHANES SAMPELO / REZA DINI.

Catatan ; IDRUS GUNAWAN hanya dijadikan cadangan jika bermain di laga tandang. Kalau laga kandang, pelatih lebih save memainkan ISWAN BODE. Sementara untuk striker, kesempatan yang diberikan kepada SAMPELO atau REZA DINI sebaiknya diberikan secara bergantian.


ARI WIBOWO

Pengamat PSIS, berdomisili di Ungaran

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP