16 September 2009

Bermain TIPP-KICK !

Cyber News : Salah satu yang jadi ciri Jerman dan sepak bola adalah permainan Tipp-Kick [http://www.tipp-kick.de/]. Permainan sepak bola dengan jari ini dilakukan di atas meja. Menggunakan 2 pemain saja, satu penyerang dan 1 penjaga gawang. Penyanyi Campino dari group punk rock die Toten Hosen [http://www.dietotenhosen.de/] adalah salah satu selebritis yang tergila-gila permainan ini.

Permainan ini diciptakan oleh Karl Mayer dari Stuttgart dan pada tahun 1921 dipatenkan. Kemudian tahun 1924 Edwin Mieg dari Schwening membeli lisensinya lalu mengembangkan hingga menjadi produk yang dapat dijual. Pada rentang tahun 1934 hingga 1938 permainan ini benar-benar menjadi top di keluarga-keluarga Jerman. Maklum kondisi cuuaca, misal musim dingin, mengakibatkan keluarga membutuhkan permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah dan berukuran kecil. Hingga saat ini produksi tetap diteruskan oleh perusahaan yang sama, yang merupakan perusahaan keluarga tersebut.

Tip-kick

Lapangan permainan sepak bola meja ini berukuran 106 x 70 cm. Setiap pihak yang bermain dapat menggunakan hingga 4 pemain, tetapi hanya 1 pemain yang aktif pada satu saat. Seperti halnya sepak bola, pada tengah main akan dilakukan tukar tempat. Permainan ini menggunakan bola yang khusus, tidak seperti halnya sepak bola betulan yang menggunakan prinsip “bola itu bundar”, maka Tipp-Kick menggunakan bola yang bersisi datar banyak. Bola itu separuh berwarna putih dan separuh berwarna hitam.




bola tipp-kick


Mengapa bersisi datar ? Karena ini akan menentukan pihak mana yang boleh menendang setelah bola berhenti bergerak. Jadi sebelum dimulai kedua belah pihak akan menentukan warna pilihannya, hitam atau putih (seperti warna sisi bola). Setelah ditentukan via undian siapa yang mulai menendang, maka mulailah salah satu pemain mendeang bola dengan cara menekan tombol di atas kepala figur pemain bola tersebut. Dan seperti halyna permainan sepak bola, tendangan akan dimulai dari tengah lapangan.

tipp-kick

Setelah menendang bola akan bergulir dan ketika berhenti dapat dilihat warna apa yang berada di atas, dan pemilik warna itu akan dapat giliran menendang, begitu seterusnya hingga dapat menenang bola ke arah gawang. Penjaga gawang dapat bergerak ke arah kanan dan kiri sesuai tombol yang ditekan. Penjaga gawang boleh menendang tanpa bergantung warna apa yang ada di atas, selama bola itu berada di daerah pinalti. Permainan ini berlangsung 2 x5 menit, perpanjang dapat dilakukan 2 x 2 menit. Yang memasukkan bola ke gawang musuh terbanyak adalah pemenangnya.

tipp-kick

Bermain tipp-kick ini sering lebih seru dari bermain Play Station, sebab ketrampilan jareeee-jareeee benar-benar dibutuhkan. Walau merupakan permainan kuno, tapi hingga saat ini Tipp-Kick tetap populer. Bahkan ada Liga dan persatuan Tipp-Kick ini di Jerman yang bernama DTKV - Deutscher Tipp Kich Verband [http://www.deutscher-tipp-kick-verband.de/] dan untuk tingkat dunianya iTive [http://www.itive-world.com/]

Sumber : imw85

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP