18 September 2009

Cara Praktis Mengatasi Kram Otot

Cyber News : Banyak olahragawan yang sering mengalami kram otot. Minum yang cukup, konsumsi multivitamin harian, buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung potasium, serta mengonsumsi sedikit garam tidak ada salahnya. Konsultasikan dengan dokter/ahli kesehatan dalam mengatasi masalah kram otot.

Para pecinta olahraga seringkali merasakan kram pada otot yang biasanya disebabkan kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi). Ada beberapa penyebab muscle cramps.

Pertama, kurangnya air (lack of water); Kram biasanya terjadi karena dehidrasi. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya banyak minum air sebelum, di antara dan setelah berolahraga. Akan lebih baik lagi jika kita minum satu gelas air setiap 15 menit.

Pada saat berlatih, minum air putih terutama selepas latihan. Hindari alkohol setelah latihan, karena alkohol memiliki efek yang bisa membuat dehidrasi.

Kedua, kurangnya kalsium; Kalsium berperan besar pada saat otot berkontraksi. Jadi, bagi pecinta olahraga jika kekurangan zat ini akan mudah sekali mengalami kram otot. Contohnya, memasukkan susu tanpa lemak dan yogurt sebagai bagian dari diet kita sehari-hari akan sangat membantu mencegah hal itu terjadi.


Tulang adalah tempat keberadaan kalsium. Jika kalsium dalam tubuh tak seimbang dan kurang, maka akan menyebabkan kram otot lantaran kebutuhan untuk berkontraksi kurang suplai dari tulang.

Ketiga, kurangnya potasium; Cairan tubuh yang tak seimbang dikarenakan kurangnya potasium biasanya menyebabkan kram otot. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung potasium seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Berkurangnya potasium bisa terjadi karena keringat yang berlebihan pada saat berolahraga.

Keempat, kurangnya sodium; Banyak dari pecinta olahraga yang membatasi konsumsi sodium, khususnya garam, dengan alasan bisa mempengaruhi tekanan darah. Jika kita berkeringat banyak, biasanya sodium dalam tubuh bakal berkurang. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi sedikit sodium justru akan mengoptimalkan kesehatan dan penampilan kita. (SM)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP