23 November 2009

Analisa Ari Wibowo : PSIS kontra Gresik United (25/11)

SEBERAPA KUATKAH GRESIK UNITED YANG AKAN MENJADI LAWAN PERDANA PSIS ??

PSIS mengawali laga perdana di kompetisi divisi utama 2009/2010 dengan menjamu Gresik United (GU) alias Laskar Joko Samudro. Tim yang dilatih Sasi Kirono ini bertandang ke Semarang dengan membawa catatan dalam 3x ujicoba terakhir berupa 2x menang melawan klub lokal dan draw 0-0 dgn Persibo di Bojonegoro. Mencetak 7 gol dan tidak pernah kemasukan gol.

GU mengandalkan pakem tradisional 3-5-2, yang lebih mengandalkan serangan pada tusukan tusukan langsung dari barisan gelandangnya, dengan mengandalkan manuver maut ONAMBALE BASILE, yang musim lalu menjadi kapten PSIS. Dialah otak kekuatan GU, dengan support penuh dari kapten HERI PURNOMO, dan breaker bernafas kuda LAN BASTIAN. GU tidak terlalu mengandalkan serangan dari wingbacknya, yang dalam laga tandang seperti ini lebih ditekankan utk memperkuat posisi bertahan saat diserang. Otak serangan PSIS, yaitu Gustavo Chena dipastikan akan berada dalam pengawalan ketat Lan Bastian.

Lini belakang GU bertumpu pada ketangguhan kiper USMAN PRIBADI yg pernah menjadi cadangan Markus Horison di PSMS Medan. Dan kekokohan libero BERNARD MAMADOU yg jago duel bola atas dan rapat di bola bawah. Dalam skim 3-5-2 yang dianut GU, peran Mamadou sangat sentral.


Dan biang petaka di lini pertahanan PSIS mungkin akan muncul dari sosok penyerang asal Nigeria, ANGEL EBUS. Ingat, dalam turnamen Liga Jatim penyerang ini mampu menggelontor gawang Persela Lamongan yg sekarang nangkring di ranking teratas ISL dengan 2 gol cantiknya. Kualitas Angel tak perlu diragukan. Dia akan ditandemkan dengan ALI USMAN atau BASUKI. Biasanya mereka bermain sejajar, tapi tandemnya bermain melebar, sementara Angel mengincar kotak penalti lawan.

Lalu, apakah yang akan dilakukan oleh coach ACHMAD MUHARIAH demi mengemban tugas penting menyikat GU sebagai korban pertamanya di Jatidiri?

Sebagaimana sudah kita lihat dalam laga laga ujicoba PSIS, coach AMH juga mengandalkan skim 3-5-2. Meski bisa juga jika dia percaya diri untuk mengambil 3 poin dan memanfaatkan status sbg tuan rumah, dia bisa memakai skim 3-4-3 supaya lebih ofensif.

KIPER
Sepertinya CATUR ADI NUGROHO akan menjadi starter di laga perdana ini. Ketangguhannya sdh teruji meski menelan 9 gol dalam 3 ujicoba terakhir. Cadangannya adalah BASUKI SETIABUDI. Pemain ini tak kalah kelas dalam skill dan jam terbang dibanding Catur. Tapi trauma cederanya menghalangi dia tampil dlm performa terbaik.

LIBERO
Jika 3 pemain asing bisa dimainkan sbg starter, maka ANDERSON LEKE (di akun FB bernama Leke Santos) akan menjadi pilihan utama sebagai libero. Cadangannya adalah EKO PUJIANTO. Setelah dicoretnya Restu Kartiko, maka Eko adalah satu satunya cadangan di posisi libero.

STOPPER
Di posisi ini, yang sudah pasti mendapat tempat sbg starter adalah HERY SUSILO. Sementara satu tempat lainnya akan diperebutkan oleh IDRUS GUNAWAN dan ISWAN BODE. Biarlah AMH yang akan menentukan siapa yang akan menjadi starter. Yg jelas, striker secepat dan selicin Angel Ebus mesti dikawal oleh stopper yg punya marking ketat dan tackle bersih supaya tidak terjadi blunder di kotak penalti.

GELANDANG
Di posisi gelandang, yang sdh pasti mendapat tempat adalah SUWITHA PATA dan gelandang elegan asal Argentina, GUSTAVO CHENA. Meski bisa saja dalam formasi 3-4-3 peran Chena akan didorong kedepan utk berada dibelakang duet striker. Chena yg akan dikawal khusus oleh Lan Bastian mesti bermain efisien dan efektif membagi bola. Skill individu dia boleh dipertontonkan pada momentum yg tepat. Satu tempat lagi di posisi gelandang dlm skim 3-5-2 akan diperebutkan oleh 3 pemain; IWAN HARI WAHYUDI, SUNARSO, dan ABRAHAM TOBIAS. Tergantung kebutuhan tim dan racikan strategi AMH. Jika menginginkan karakter gelandang petarung dan sigap merebut bola, atau ditugaskan khusus mengawal Basile, maka Iwan HW atau Tobias yg jadi pilihan. Tapi jika ingin gelandang yg punya karakter kuat membantu serangan, maka Sunarso lebih dikedepankan. Peluang Iwan HW dan Sunarso lebih besar ketimbang Tobias.

WINGBACK
Untuk posisi wingback, andalan PSIS adalah DENNY RUMBA di kiri dan SAFRI UMRI di kanan. Semoga kedua pemain ini mampu on fire dan membantu serangan dengan menyisir tepi lapangan dan mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Apalagi kedua wingback GU sepertinya akan lebih fokus bertahan. Cadangan di posisi ini cuma ada 1 pemain, yaitu VALENTINO TELAUBUN, yg hanya bisa bermain sbg wingback kiri saja. Jika Safri yg keluar, biasanya Rumba akan bergeser ke kanan.

STRIKER
Duet andalan di lini ini tetaplah CRISTIANO LOPES dan IMRAL USMAN. Kehandalan mereka sudah teruji di tim mereka sebelumnya. Tinggal dibuktikan di tim mereka saat ini, PSIS. Menurut feeling saya, salah satu dari mereka akan menggila di laga awal ini, dan mencetak lebih dari 1 gol. Untuk posisi cadangan, tak ada pilihan lain selain SAMPELO, karena dia satu satunya striker cadangan yg dimiliki PSIS. Repotnya dia hanya punya kesempatan yg singkat saja buat menyatu dgn tim. Jadi belum tentu AMH berani memainkannya.

Itulah gambaran singkat partai PSIS x GU yg digelar 25 Nop 09 nanti. Jika anda mengaku pendukung sejati PSIS, jangan lewatkan laga ini. Hadirlah di Jatidiri dan menjadi bagian dari saksi kemenangan PSIS di laga pembukanya ..

Yakinkan diri anda, bahwa PSIS adalah kandidat terkuat jawara grup tengah. Bravo PSIS.

Penulis Ari Wibowo,
Seorang Pengamat Bola dan Suporter Semarang


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP