11 Maret 2009

Carut Marut Sepakbola Kita

Cyber News : Inilah memang cermin wajah liga Sepakbola Indonesia. Banyak faktor yang yang menghambat laju prestasi dan profesionalisme persepakbolaan di Indonesia, salah satunya adalah tidak menentunya kompetisi bola di negeri ini. Dengan suhu perpolitikan di Indonesia yang naik turun berdampak besar berlangsungnya kompetisi sepakbola dari amatir sampai profesional (ISL).

Yah.... dengan kondisi yang tidak menentu inilah menjadi sebab prestasi yang seperti di sebutkan diatas. Selain sering berubahnya jadwal kompetisi juga beberapa sanksi yang memberatkan dari Komdis, perbuatan suporter yang bertindak anarkis, kerusuhan menjadi momok yang menakutkan bagi klub-klub yang ikut serta dalam liga sepakbola dari level atas sampai bawah.

PSIS adalah salah satu korbannya, sehingga manajemen PSIS berharap sisa laga kandangnya di Djarum ISL 2008/2009 bisa dilalui di stadion Jatidiri Semarang, dengan jadwal yang tidak berubah. Namun PSIS tetap akan menghormati keputusan Badan Liga Indonesia (BLI) maupun pihak pemberi izin keamanan, terkait menggelar pertandingan di masa kampanye pemilu.

''Kami akan hormati dan mengikuti dari BLI. Kami juga siap menuruti apapun keputusan Kapolda. Tapi bagaimanapun kita berharap tempat dan jadwal tidak berubah,'' kata Manajer Teknik PSIS Setyo Agung Nugroho, Selasa (10/3). Sebab, lanjut Agung, bila jadwal mundur, apalagi pertandingan digelar di luar Jawa Tengah, akan berdampak pada membengkaknya pengeluaran PSIS.

Seperti diketahui BLI berusaha melakukan pendekatan dengan sejumlah Polda di tanah air. Hasilnya badan pelaksana regulasi kompetisi non-amatir di tanah air ini mengklaim telah mengantongi izin dari Polda Jawa Timur. Sedangkan di Jateng, ada sinyal tidak boleh ada pertandingan saat maasa kampanye, meski belum ada putusan resmi dari Kapolda Jateng.

PSIS sendiri mempunyai beberapa pertandingan saat kampanye yang digelar home. Pertengahan bulan Maret tepatnya 21 Maret PSIS akan menjamu Persib (Bandung) dan 4 April akan melawan Persija (Jakarta).

PSSI Upayakan Kompetisi Terus

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengupayakan kompetisi sepak bola di Indonesia tetap berjalan sesuai agenda.

”Kompetisi tidak berhenti,” katanya usai bertemu dengan Ketua Kehormatan PSSI Agum Gumelar di kantor PSSI di Jakarta, semalam.

Pihaknya sudah mengirim surat kepada semua pengurus daerah untuk mencari solusi soal keamanan, berkaitan dengan Pemilu. ”Semuanya, baik klub maupun pemain saya minta agar disiplin. Jangan sampai menganggu jalannya proses Pemilu,” katanya.

Jika kompetisi dihentikan, disebutnya akan berdampak pada citra profesionalisme sepak bola Indonesia di mata sponsor dan penonton. Sebelumnya, Badan Liga Indonesia (BLI) menetapkan Surabaya akan menjadi lokasi pertemuan pengelola klub-klub Superliga. Acara yang digelar Jumat (13/3) lusa itu akan membahas kelanjutan roda kompetisi.

Direktur Kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI) Joko Driyono menjelaskan, Surabaya dipilih karena di Jawa Timur terdapat peluang besar bagi terus dilanjutkannya kompetisi.

Dia mengatakan, ada formula yang menjadi wacana utama bagi opsi melanjutkan kompetisi, setelah muncul kendala izin di beberapa daerah selama masa kampanye pemilu legislatif.

Joko mengemukakan, pihak keamanan di Jawa Timur memberi sinyal positif untuk menggelar pertandingan lanjutan, jika beberapa daerah di Pulau Jawa enggan menerbitkan izin keamanan.

Jabar Melarang Pertandingan Bola

Polda Jabar tidak akan memberikan izin pertandingan selama pelaksanaan kampanye hingga Pemilu 2009 mendatang.

”Selama kampanye tidak ada pertandingan sepak bola di seluruh Jawa Barat, dan berlaku hingga Pemilu 2009 mendatang,” kata Kapolda Jabar Irjen Drs Timur Pradopo seusai Commanders Call di Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung, kemarin.

Pelaksanaan kampanye terbuka akan dimulai pada 16 Maret, sedangkan Pemilu digelar pada 9 April.

Larangan pertandingan tersebut berlaku untuk semua strata kompetisi, baik Superliga, Divisi Utama, Divisi I dan II hingga kompetisi kelompok umur. ”Tak ada opsi lain. Tidak ada izin untuk semua level kompetisi, meski tanpa penonton sekalipun,” (SNEXCYBER, SM, JPNN)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP