26 Desember 2008

BLI : Ubah Jadwal Secara Sepihak

PT .DJARUM pernah mengeluarkan ultimatum akan menarik diri sebagai sponsor jika BLI tidak konsisten mengatur jadwal kompetisi

Cyber News : Belum juga digelar, Badan Liga Indonesia (BLI) sudah merevisi jadwal Djarum Indonesia Super League (ISL) 2008 putaran kedua. Perubahan ini dilakukan atas instruksi PSSI agar para pemain tim nasional berkonsentrasi mengikuti pemusatan latihan Pra Piala Asia (PPA) 2011 tanpa diganggu klub mengarungi kompetisi dalam negeri.


Direktur Kompetisi BLI Joko Driyono mengklaim sudah berkonsultasi dengan pihak sponsor dan juga televisi mengenai perubahan jadwal tersebut. Namun, pernyataan Joko dibantah Senior Brand Manajer PT Djarum Handoyo. “Saya belum tahu itu,” tegasnya . Beberapa waktu lalu, Handoyo pernah mengeluarkan ultimatum akan menarik diri sebagai sponsor jika BLI tidak konsisten mengatur jadwal kompetisi.

Direktur Utama PT Zentha Hitawasana Yunanto Ali, perwakilan PT Djarum yang menangani ISL, menyayangkan kebijakan tersebut. Menurutnya, grafik perubahan jadwal kompetisi kali ini merupakan yang terburuk sejak PT Djarum ikut ambil bagian sebagai sponsor.

“Tahun 2005 jelek. 2006 sudah membaik. 2007 paling baik. 2008 ini paling buruk. Pada dasarnya, sponsor akan mengikuti kemauan BLI. Tetapi, harus ada batasan soal perubahan jadwal,” katanya seraya mengatakan akan menemui Joko karena telah mengubah jadwal secara sepihak.

Jadwal Berubah Gara-gara Bendol

Seperti diberitakan sebelumnya, TA Mushary dan kawan-kawan mengikuti pelatnas Sawangan, Depok, mulai Sabtu (27/12). Awalnya, Badan Tim Nasional (BTN) menjadwalkan pelatnas dimulai pada 11 Januari mendatang. Namun, gara-gara Benny Dollo gagal membawa tim ‘Merah Putih’ ke final Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2008, BTN mempercepat pelatnas PPA.

BTN kemudian meminta PSSI agar skuat timnas diinstruksikan tidak membela klub di kompetisi domestik selama pelatnas berlangsung. Pertandingan match day pertama dan kedua ISL putaran kedua rencananya digulirkan 3-12 Januari 2009. Dengan perubahan tersebut, kedua match day itu kemungkinan digeser ke bulan Februari atau ditukar ke akhir putaran kedua pada bulan Juni.

“BLI berada dalam posisi mengikuti policy PSSI yang menginstruksikan pemain timnas tetap mengikuti pelatnas tanpa diganggu gugat oleh klub. Soal perubahan ini, kami sudah mengkonsultasikannya dengan sponsor dan pihak televisi. Kami juga sudah memberitahukan ke klub-klub,” kata Joko di sekretariat PSSI, Rabu (24/12).

Ia menambahkan, beberapa klub ISL yang pemainnya tidak membela timnas sudah bertanding pada akhir Januari. Yaitu Persijap Jepara melawan Persitara Jakarta Utara (24/1) dan PSIS Semarang melawan Persita Tangerang (26/1).

“Kecuali jadwal pertandingan Persiba Balikpapan melawan PKT Bontang (25/1), jadwal match day ke-3 dan seterusnya tidak direvisi. ISL 2008/2009 akan berakhir 27 Juni atau mundur dari jadwal semula yaitu 13 Juni,” cetusnya seraya mengatakan jadwal baru akan dikeluarkan 9 Januari mendatang.

Sementara itu, pengelola PSMS Medan Sihar Sitorus mendesak PSSI membayar gaji kedua pemainnya sebagai kompensasi atas perubahan jadwal. “PSSI harus menanggung gaji Markus Horison dan Elie Aiboy selama bersama timnas," terang Sihar (MI)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP